You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SEMANGAT UNTUK NAGARI INDERAPURA TENGAH DI TAHUN 2024 SEMOGA KEBERLANJUTAN DAN KEMAJUAN SELALU MENYERTAI, SERTA MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI SELURUH WARGANYA -- selengkapnya... terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif

Bamus Unsur Bundo Kanduang, TP PKK, dan Majelis Ta'lim Peserta, Sosialisasi Pemilu 2024 Sukses

Desi Novalia 15 Oktober 2022 Dibaca 77 Kali
Bamus Unsur Bundo Kanduang, TP PKK, dan Majelis Ta'lim Peserta, Sosialisasi Pemilu 2024 Sukses

Sinar_Pessel

Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum untuk Kecamatan Pancung Soal oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan pada hari kamis 14 Oktober 2022 di GSG Nagari Inderapura Barat. Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan tahapan yang sedang dan yang akan dilaksanakan oleh KPU untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024 yang akan datang.

Ketua TP PKK, Anggota Bamus Unsur Bundo Kanduang, Ketua Majelis Ta'lim Nagari Inderapura Tengah menjadi peserta sosialisasi tersebut bersama 45 orang lainnya yang merupakan perwakilan Kerapatan Adat Nagari Inderapura (Ninik Mamak nan 20 dan Bundo Kanduang),  Forkopimca Pancung Soal (Pemerintah Kecamatan, Kepolisian Sektor Pancung Soal, Komando Rayon Militer 01 Pancung Soal), Bamus Nagari Unsur Bundo Kanduang, Ketua TP PKK Nagari, dan Ketua Majelis Ta'lim se Kecamatan Pancung Soal, serta PPK Pemilihan 2020.

Bertindak sebagai Nara Sumber adalah Komisioner KPUD Pesisir Selatan Lili Suarni, SH.,MH dan Pebriani,S.IP.,M.IP. Sosialisasi diawali dengan Kuis seputar tahapan pemilu oleh Pebriani, untuk mengetahui sisi mana yang akan menjadi fokus dalam penyampaian materi. setelah kuis sesi 1 selesai, pemateri utama  Lili Suarni mensosialisasikan bahwa hari H pemungutan Suara adalah hari rabu tanggal 14 Februari 2024, untuk memilih Pasangan calon Presiden/Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, Anggota DPRD Propinsi, dan anggota DPRD Kabupaten / Kota, pemilih mendapatkan 5 surat suara. Selanjutnya dijelaskan bahwa saat ini 18 Partai Politik Calon Peserta Pemilu lolos verifikasi administrasi, dan KPU akan melakukan verifikasi faktual bagi 9 partai baru tanggal 16 Oktober 2022. ketika ditanya mengapa tidak semua partai diverifikasi faktual, lili menerangkan bahwa sesuai aturan, 9 partai yang memenuhi elctoral trashold pemilu 2019 cuma diverifikasi adminstrasi oleh KPU RI. " Verifikasi faktual hanya 9 partai baru, 9 lagi partai yang memenuhi batas perolehan kursi di DPRRI dilakukan verifikasi adminstrasi saja oleh KPU RI" Jelas lili.

untuk Badan Ad hock (PPK, dan PPS) dijelaskan  bulan november sudah mulai tahapan reckruitmen, dengan peryaratan umum adalah usia minimal 17 tahun, warga dan berdomisili di Kecamatan / nagari setempat dibuktikan dengan KTP, pendidikan SLTA sederajat, dan tidak menjadi anggota dan atau Pengurus Partai Politik.untuk itu kepada yang berminat, harap bersiap. "ibu-ibu dan bapak-bapak yang berminat menjadi penyelenggara silahkan siap-siap, november sudah mulai tahapannya" jelas lili bersemangat. diakhir kegiatan Pebriani memberikan kuisioner kembali, hasilnya luar biasa semua pertanyaan mampu dijawab peserta dengan baik, dan itu indikasinya sisoalisasi berhasil, jelas Peni tersenyum penuh makna.

diakhir kegiatan Ketua TP PKK Inderapura Tengah Liswarni Desri Boy, Di dampingi Ketua Majelis Ta'lim Hj Lasanis, dan Anggota Bamus Unsur Bundo Kanduang Mustika Putri Ayu, ST merasa bersyukur, dan senang menjadi peserta sosialisasi karena diberitahu tahapan penyelenggaraa pemilu. " syukur ado sosialisasi, sehingga wak lah tau pasti bahwa pemilu dilaksanakan pada hari rabu 14 Februari 2024 untuk milih Presiden, anggota DPRRI, anggota DPDRI,anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, dan anggota DPRD Kabupaten pesisir Selatan. kalu ado anggota/keluarga wak yang minat jadi penyelenggara, penerimaannyo mulai bulan sebeleh" tutur bunda Liswarni mantap diamini buk Hj lasanis dan bamus bundo Kanduang Ayu. Ayu Menambahkan bahwa akan membantu memberikan informasi kepada petugas verifikasi faktual jika ada warga yang ia wakili menjadi objek verifikasi. "ambo siap bantu memberikan data dan informasi jika ado warga awak yang akan diverifikasi" tutup ayu.

Hj Lasanis, mengakui akan menyampaikan informasi penyelenggaraan pemilu kepada keluarga terbih dahulu, dan kepada anggota majelis ta'lim pada kegiatan bulanan majelis ta'lim. " wak sapai dulu ke anggota keluargo, sudah tu kepada anggota waktu acara bulanan," demikian kata buk Hj..(Aswand_Admin).

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image