You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SEMANGAT UNTUK NAGARI INDERAPURA TENGAH DI TAHUN 2024 SEMOGA KEBERLANJUTAN DAN KEMAJUAN SELALU MENYERTAI, SERTA MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI SELURUH WARGANYA -- selengkapnya... terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif

1 Warga Terindikasi Stunting, Wali Nagari Salurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

Desi Novalia 05 November 2022 Dibaca 88 Kali
1 Warga Terindikasi Stunting, Wali Nagari Salurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

Sinar_pessel

Wali Nagari Inderapura Tengah Desri Boy Salurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  Berupa Susu Formula, Protein Hewani (telur), protein Nabati (kacang Hijau) untuk bulan November kepada salah seorang warga yang terindikasi kuat Stunting  an Bima Maulana bin Rul Fadri pada Kamis 3 November 2022. Hadir dalam penyaluran tersebut Bidan Pustu Pasar Sebelah Rozi Winarni, S.Ners, Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Vera Enita, A.Md.Kep, PPKN Asmarizal, S.Pd.

Wali Nagari menyatakan bahwa Pemerintah Nagari fokus dalam hal penanganan stunting, karena itu ketika dilaporkan oleh bidan ada warga yang terindikasi stunting, pemnag besikap segera melakukan upaya penanganan diantaranya memenuhi kecukupan gizi warga yang terindikasi stunting tersebut. “Pemnag fokus tangani stunting, atas laporan buk bidan rozi bahwa ada warga terindikasi stunting, saya minta pada jajaran saya untuk merealisasikan anggaran, terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi terlebih dahulu” jelas desri boy. Lebih lanjut di paparkan bahwa PMT disediakan untuk 3 bulan. Adapun penanganan kepada keluarga adalah Pembangunan Jamban sehat, pihak keluargapun sudah menyediakan lokasinya. “pihak keluarga sudah menyediakan lokasi pembangunan jamban, dan pembangunannya segera dilaksanakan,” kata Desri Boy usai Realisasi PMT kemarin. Selanjutnya papar Desri Boy; masih ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan Pemerintah Nagari dalam rangka penangan Stunting di Inderapura Tengah.

Bidan Puskesmas Pembantu Pasar Sebelah Rozi Winarni, S.Ners melaporkan kepada Pemerintah Nagari pada 24 Oktober 2022 bahwa warga an Bima Maulana bin Rul Fadri terindikasi stunting. Setelah di cek /pengukuran dientri melalui aplikasi ePPGBM ternyata an Bima Maulana bin Rul Fadri termasuk stunting” Lapor Bidan yang adalah pembina Posyandu ini meyakinkan. Mendaat laporan tersebut pihak Nagari segera menghubungi KPM Vera Enita, A.Md.Kep untuk mendapatkan kepastian informasi dan apa yang mesti disediakan. Dari KPM inilah diperoleh kepastian bahwa pemnag mesti menyediakan PMT berupa Susu Formula, sumber protein Hewani, dan Sumber Protein Nabati. “biasonyo yang disediokan itu susu formula, protein hewani, dan protein Nabati” jelas Vera. Ibu satu anak ini juga menjelaskan lebih lanjut untuk hewani bisa berupa telur ayam, dan untuk nabati bisa berupa kacang hijau.

Sekretaris Nagari Inderapura Tengah Aswandi, SE.,M.Si memaparkan bahwa Pemnag dalam Hal ini Wali Nagari telah bersepakat dengan Bamus untuk fokus dalam penanganan stunting, dalam APB Perubahan telah disetujui dan dianggarkan Kegiatan Rembuk Stunting, Sosialisasi pencegahan stunting, penyediaan PMT bagi warga stunting, dan Pembangunan Jamban bagi keluarga terindikasi/potensi berat stunting. “Wali Nagari dan Bamus telah menyetujui perubahan Anggaran untuk penanganan stunting, dan saat ini kegiatannya sudah berlangsung, dan ada yang dalam persiapan pelaksanaan” papar wandi.

Sementara itu PPKN Asmarizal, S.Pd mengaku telah menyiapkan SPP untuk realisasi penanganan Stunting sesuai Anggaran tersedia. “saya sudah menyiap SPP penanganan stunting, kapanpun diperlukan, siap” Tutup Zal Sumringah dan bersemangat. (aswandi_Admin).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image