You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

DESA CERDAS DESA SMART VILLAGE : NAGARI YANG MENERAPKAN SISTEM PEMERINTAHAN ELEKTRONIK (E-GOVERMENT)YANG LEBIH TRANSPARAN DAN EFISIEN, MEMUNGKINKAN MASYARAKAT UNTUK LEBIH MUDAH MENGAKSES LAYANAN PUBLIKDAN INFORMASI DESA SMART VILLAGE mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami

PEMASANGAN NOMOR RUMAH

DESI NOVALIA AMd 23 September 2024 Dibaca 17 Kali

PEMASANGAN NOMOR RUMAH OLEH KEPALA KAMPUNG: SALAH SATU PROGRAM UNGGULAN NAGARI INDERAPURA TENGAH TAHUN 2024

Nagari Inderapura Tengah – Sebagai bagian dari upaya meningkatkan tertib administrasi dan pelayanan publik, kedua Kepala Kampung di Nagari Inderapura Tengah melaksanakan program pemasangan nomor rumah yang menjadi salah satu program unggulan nagari pada tahun 2024. Program ini direncanakan untuk menjangkau seluruh rumah warga di wilayah Nagari Inderapura Tengah dan dilakukan secara bertahap.

Inisiatif Pemerintah Nagari

Program pemasangan nomor rumah ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Nagari Inderapura Tengah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan tertib. Kepala Nagari Inderapura Tengah, dalam pernyataannya, menyampaikan bahwa inisiatif ini akan memudahkan proses administrasi, pelayanan publik, serta keamanan di lingkungan nagari.

"Kami menyadari pentingnya penataan kampung yang lebih rapi dan terstruktur. Dengan adanya nomor rumah, berbagai pelayanan seperti pengiriman surat, pendataan penduduk, hingga bantuan sosial dapat dilaksanakan lebih cepat dan tepat sasaran," ujar Desri Boy Selaku Wali nagari Inderapura Tengah

Peran Kedua Kepala Kampung

Kedua Kepala Kampung, yakni Kepala Kampung Cluang dan Kepala Kampung Pasa Malintang, memimpin langsung proses pemasangan nomor rumah di kampung masing-masing. Kegiatan ini mendapat antusiasme besar dari warga yang ikut serta dalam pemasangan plakat nomor rumah di setiap rumah mereka.

Kepala Kampung Cluang Erizon Hartawinata , menyampaikan bahwa program ini selain memudahkan pelayanan publik, juga penting dalam peningkatan keamanan kampung. "Dengan nomor rumah, identifikasi tempat tinggal menjadi lebih jelas, sehingga dapat membantu aparat keamanan dan warga dalam menjaga lingkungan mereka," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Inderapura Selatan menambahkan bahwa pemasangan nomor rumah juga akan mendukung program pemerintah terkait administrasi kependudukan dan layanan darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran.

Dukungan Masyarakat dan Proses Pelaksanaan

Masyarakat di Nagari Inderapura Tengah menyambut baik program ini. Warga tidak hanya mempermudah perangkat kampung dalam pendataan rumah, tetapi juga turut berperan aktif dalam pemasangan nomor rumah. Partisipasi warga menjadi salah satu kunci keberhasilan program ini, sehingga dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Salah seorang warga Kampung Inderapura Selatan, Bapak Rahman, mengaku senang dengan adanya pemasangan nomor rumah ini. “Kami merasa lebih aman, dan pastinya lebih mudah kalau ada keperluan pengiriman surat atau layanan darurat. Program ini sangat membantu kami,” ungkapnya.

Manfaat Jangka Panjang

Pemasangan nomor rumah ini diharapkan membawa banyak manfaat bagi Nagari Inderapura Tengah, terutama dalam hal pelayanan publik. Program ini juga akan mempermudah pendataan dalam program-program sosial lainnya, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan kesehatan, serta pendataan pemilih dalam pemilu mendatang.

Ke depan, Pemerintah Nagari Inderapura Tengah berencana untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan teknologi yang lebih maju. "Dengan adanya nomor rumah, kami bisa lebih terfokus pada pendataan dan penyediaan layanan berbasis digital yang lebih efektif," ujar Kepala Nagari dalam menutup pernyataannya.

Kesimpulan

Program pemasangan nomor rumah ini menjadi langkah penting dalam menciptakan keteraturan di Nagari Inderapura Tengah. Tidak hanya mendukung administrasi yang lebih baik, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan keamanan warga. Pemerintah Nagari berharap agar program ini bisa menjadi contoh bagi nagari lain di sekitar wilayah tersebut untuk menerapkan sistem yang serupa.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image