You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SEMANGAT UNTUK NAGARI INDERAPURA TENGAH DI TAHUN 2024 SEMOGA KEBERLANJUTAN DAN KEMAJUAN SELALU MENYERTAI, SERTA MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI SELURUH WARGANYA -- selengkapnya... terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif

Pengendalian Inflasi Daerah Di Nagari, Pemnag bagikan Benih Padi Gratis

Desi Novalia 17 Oktober 2022 Dibaca 85 Kali

Sinar_Pessel

Pengendalian Inflasi Daerah di Nagari Inderapura Tengah  mulai dilaksanakan dengan telah dilakukan  pembagian Benih padi Sawah pada Minggu 16 oktober 2022. Benih yang disediakan sebanyak 820 tapin (varietas 42, Sokan, Bakwan, dan Anak Daro). benih di berikan secara gratis kepada warga Inderapura Tengah dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang pekerjaannya Petani, memiliki sawah, diberikan melalui Kelompok Tani yang ada di Nagari Inderapura Tengah, terutama kelompok yang terdaftar di simlutan kementan RI. Sesuai data sistim Informasi penyuluh Pertanian (SIMLUTAN) luas Area Sawah Inderapura Tengah yang terdaftar adalah 164 ha.

Wali Nagari Inderapura Tengah Desri Boy di dampingi PPKN Asmarizal mengatakan,  program ini berpedoman pada surat Bupati Pesisir Selatan nomor 140/579/DPDPPKB-PS/2022 Perihal Pengendalian Inflasi Daerah di tingkat Nagari tanggal 2 September 2022. program ini di Danai dari APB Perubahan Tahun 2022, penyesuaian dana 20�ri kegiatan Ketahanan Pangan dan Hewani, Penyesuaian dana penanganan Covid 19, dan dana Nagari non BLT.

"Program pemberian benih gratis ini adalah kegiatan pengendalian inflasi Daerah di Nagari, pedomannyo surat pak bupati, dan yang diubah dana DD 20%, dana Covid 8 %, dan dana lain yang bukan BLT" terang desri boy dalam  sosialisasi program ini kepada Kelompok-kelompok Tani.

lebih lanjut Desri boy mengatakan bahwa saat ini kondisi inflasi daerah Sumatera Barat berada pada angka 8,01%. angka itu, masih menurut Desri Boy Mengutip surat dari bapak Bupati, adalah angka Tertinggi urutan nomor 2 (dua) di Sumatera. "Kalau kita baca surat pak bupati  ternyata inflasi sumbar nomor urut 2 tertinggi di sumatera, karena itu kita harus ikut kendalikan inflasi" tutup desri boy.

Ketua Kelompok Tani Badaroje Danuar di dampingi ketua Kelompok tani Cluang 1 Aripin, mengucapkan terimakasih atas program pengendalian inflasi, terutama saat ini petani kesulitan mendapatkan beni yang sesuai dengan kebutuhan, kalaupun ada harganya sangat mahal, dikarenakan dalam tahun ini baru satu kali ini turun ke sawah. "atas namo petani dan seluruh kelompok, ambo mengucapkan terimokasih kepada Wali Nagari dan Bamus yang telah membantu kami berupo benih gratis. benih 42, sokan, bakwan, anak daro, memang sulit dapeknyo kini, ado dikit-dikit di tokoh tani hargonyo tinggi" jelas Newan;sapaan akrab tokoh adat ini. " tahun kini baru sakaling kolah turun kasawah, tu tambah payah dapek benih" Lanjutnya diangguk oleh Ketua Kelompok Tani Lainnya.

Ketua Bamus Inderapura Tengah Antonius mengatakan bahwa Bamus telah memutuskan program pengendalian inflasi dalam musyawarah Nagari 6 Oktober 2022 yang lalu, karena itu lanjut Ujang Nama akrab ketua dipanggil, Wali Nagari beserta perangkat harus bersungguh-sungguh mensukseskan program ini, kepada kelompok diingatkan agar segera turun kesawah. Bamus berharap Petani Inderapura Tengah dapat turun kesawah tiga kali dalam 1 tahun, agar inflasi dapat dikendalikan. " Program pengendalian inflasi di nagari kito salah satunyo berbentuk pembagian benih padi, dan sudah diputuskan dalam musnag, wali dan perangkat segeralah bagikan benih tu,supayo dak ado alasan dak turun kesawah, kok dapek wak turun kesawah 3 kali satahun mode dolung lik" harap Ujang penuh harap.

sekretaris Nagari Inderapura Tengah Aswandi menyatakan,Telah dilakukan Perubahan pernag Inderapura Tengah Nomor 8 tahun 2021 tentang APB 2022, wandi mengakui bahwa untuk mensukseskan program ini telah diubah dana ketahanan pangan dan hewani 20%, penanggulangan covid 19 8%. " untuk pengendalian Inflasi Daerah di Inderapura Tengah dananya bersumber dari Dana Ketahanan pangan dan Hewani 20%, dan penanggulangan Covid 19 8%" tutup wandi sambil menerangkan bahwa perubahan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 97 tahun 2022.

terpisah, aktifitas disekretariat Nagari meningkat, hal itu karena PPKN  Asmarizal dan PPKN keuangan Desi Novalia menyiapkan adminstrasi distribusi benih. Zalmenjelaskan bahwa  mereka telah menyiapkan Seluruh adminsitrasi yang diperlukan seperti Kuitansi Dinas, Lembar Serah terima dari Kelompok kepada Anggota, Berita Acara serah terima Benih Kepada Kelompok, dan dokumentasi. (aswandi_Admin)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image