You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SEMANGAT UNTUK NAGARI INDERAPURA TENGAH DI TAHUN 2024 SEMOGA KEBERLANJUTAN DAN KEMAJUAN SELALU MENYERTAI, SERTA MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI SELURUH WARGANYA -- selengkapnya... terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif

Galian Sedimen selesai, 164 Ha Sawah siap dikelola

Desi Novalia 07 Oktober 2022 Dibaca 45 Kali

Sinar pessel

Saluran sekunder BBS 5 sampai dengan BBS 7 di sepanjang 900 meter di Nagari Inderapura Tengah telah dilakukan pekerjaan berkala (Galian Sedimen) dari tanggal 20 juli 2022 sampai tanggal 16 Agustus 2022. Pekerjaan tersebut merupakan program Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Pemerintah Propinsi Sumatera Barat.

Ketua Kelompok Tani Bada Roje Inderapura Tengah Danuar mengucapkan terimakasih atas program ini, karena akan memperlancar debit air sesuai kebutuhan petani. Danuar mengaku saat ini anggota kelompok taninya segera turun kesawah, mengingat sudah hampir 6 bulan sawah tidak digarap. “terimokasih kepada pemerintah Propinsi yang telah menggali sedimen, air lah lancar, kami ka turun kesawah, lah hampir 6 bulan sawah ko dak baolah” jelas danuar.

Terpisah, ketua kelompok Tani Darek Saiyo Arifin menuturkan bahwa selama ini karena sedimen tinggi air melimpah dan menutup badan jalan inspeksi usaha tani. Akibatnya air tidak dapat dugunakan untuk kebutuhan petani, karena tidak mampu menjangkau lahan. “ selamo iko air malipah ke jalan, sehinggo dak sapai kelahan sawah” tutur ipin. Lebih lanjut dengan telah dilakukan pekerjaan galian sedimen ini ipin menyatakan segera turun kesawah bersama anggota kelompoknya. “air lah lancar, kami turun kesawah” kata ipin.

Wali Nagari inderapura Tengah Desri Boy menyatakan bahwa 164 ha sawah yang tercatat pada simlutan Kementerian Pertanian sepenuhnya bergantung pada air saluran irigasi BBS 5 sd BBs 7, karena itu jika sedimen tinggi akibatnya banyak sawah petani yang tidak teraliri air, akrena itu hampir 6 bulan sawah menganggur. “164 ha sawah warga yang tercatat di simlutan bagatuang dengan air dari BBS 5 sampai 7, kalau sedimen tinggi, air malipah kejalan, sehinggo idak sampai ke lahan, lah 6 bulan sawah dak babenah” jelas desri boy dengan logat lokal yang khas.

Kini, masalah itu sudah teratasi, untuk itu melalui kelompok tani desri boy menginstruksikan agar petani segerah turun kesawah karena sudah lama sawah tidak dikelola. “ajaklah anggota basawah lik, beghe semakin maha ma, kalu dak meli beghe tentu lah ado bakurang beban beli keluarga”  tutup desri boy. (aswandi_Admin).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image