You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Inderapura Tengah
Nagari Inderapura Tengah

Kec. Pancung Soal, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

SEMANGAT UNTUK NAGARI INDERAPURA TENGAH DI TAHUN 2024 SEMOGA KEBERLANJUTAN DAN KEMAJUAN SELALU MENYERTAI, SERTA MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI SELURUH WARGANYA -- selengkapnya... terimakasih atas kunjungan anda, tanggapan anda, terimakasih kami mewujudkan inderapura tengah yang berinovasi, mandiri, dan madani Pesisir Rancak, Informatif

INDERAPURA TENGAH DITETAPKAN SEBAGAI LOKASI DESA CERDAS 2022

Desi Novalia 22 September 2022 Dibaca 61 Kali
INDERAPURA TENGAH DITETAPKAN SEBAGAI LOKASI DESA CERDAS 2022

Cluang, Sinar Pessel

Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia telah menetapkan 1000 Desa Lokasi Desa Cerdas  pada tanggal 2 maret 2022 yang lalu, Inderapura Tengah adalah satu diantaranya. 

Kepastian Inderapura Tengah menjadi lokasi Desa cerdas dituangkan dalam Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 55 tahun 2022 tentang penetapan 1000 Desa Lokasi Desa Cerdas Fase II Tahun 2022.

Tujuan Kegiatan Desa Cerdas adalah untuk mendorong pembangunan desa yang inovatif dalam memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan teknologi digital, merupakan bagian tidak terpisahkan dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)tahun 2021-2024

Kegiatan ini ditujukan untuk mengimplementasikan kegiatan Desa Cerdas pada 3000 desa yang  berasal dari  Kabupaten P3PD, dilakukan seleksi Desa Cerdas dengan memerhatikan keterwakilan pada wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah,dan Timur, yang dibagi ke dalam tiga fase yakni 350 desa pada Fase I tahun 2021, 1000 desa pada Fase II tahun 2022, dan 1650 desa pada Fase III tahun 2023.

Wali Nagari Inderapura Tengah mengaku bersyukur Nagari yang dipimpinnya ditetapkan sebagai lokasi Smart Village, dan persiapan untuk sampai ke tahap ini telah dimulai sejak 8 Februari 2022 yaitu pengajuan proposal, 2 maret ditetapkan sebagi lokasi Desa Cerdas, 10 Juni telah ditetapkan Kader Smart Village, dan 2 september telah diterima surat tugas duta digital dari kemendes. " Alhamdulillah Inderapura Tengah ditetapkan sebagai Lokasi Desa Cerdas, mudah-mudahan dapat mendorong inovasi warga berpartisipasi dalam program di Nagari dengan memanfaatkan teknologi Digital" Harap Desri Boy.

M.Habiburrahman, ME pendamping smart Village saat berkunjung ke Inderapura Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini diantaranya bermaksud memberikan literasi kepada warga melalui komunitas cerdas digital, selain dapat mengangkat potensi nagari, juga menyalurkan tingginya minat generasi muda terhadap dunia digital agar menjadi sumber pemasukan secara ekonomi. "Kegiatan ini nantinya mendorong literasi teknologi digital, hobi tersalurkan, dan potensi ekonominya juga tinggi" tutup Magister Ekonomi UIN Padang ini bersemangat. (aswandi_admin)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image